Saturday, September 28, 2013

Cara Membuat Karikatur (ala saya) di Photoshop





 Kali ini saya akan membuat tutorial bagaimana caranya membuat karikatur ala saya karena jujur saja dari saya SMA udah banyak yang menanyakannya. Sebenarnya setiap orang memiliki caranya berseni sendiri-sendiri, lihat saja di blog para atworker lain, pasti mereka punya ciri tersendiri yang berbeda dari seniman lainnya.
kalau anda ingin tau cara saya menggambar, saya akan menjelaskannya. tapi yang perlu anda ketahui, mungkin di blog artworker lain yang juga banyak membuat animasi dan karikatur merupakan lulusan sekolah seni contohnya saja ISI. tapi saya adalah lulusan SMA biasa yang tidak pernah menempuh pendidikan seni,bagi saya seniman tidak perlu bersekolah untuk bisa berkarya, tinggal jiwa seninya saja yang bergerak.
oke lets go membuat karikatur di photoshop. siapkan photoshop seri berapa saja yang kalian punya, kalu saya sih masih pake yang CS4.

1. Siapkan foto yang akan kalian buat animasinya. disini saya pakai foto saya sendiri


2. buat layer baru di atasnya. ganti nama menjadi line art. 


3. sekarang kita buat line art nya dulu. tekan p di keyboard atau klik pen tool dan bentuk mengikuti wajah seperti ini.


4. masih dalam keadaan pen tool nya aktif, klik di tengah garis untuk mempermudah kita membentuk wajah. 

5. setelah itu tekan A di keyboard. akan muncul tanda panah dan seret garis mengikuti alur wajah.

6. nah kita tinggal mengimpor garisnya. pastikan brush sudah dalam keadaan berwarna hitan dan di sesuaikan dengan tebalnya garis yang akan di buat line art. perhatikan gambar di bawah ini. saya pilih tebal garis 5

7. setelah brush selesai diatur, klik p di keyboard atau pen tool lagi. klik kanan kemudian pilih stroke path. pastikan stroke pathnya adalah brush. klik oke

8.nah setelah stroke path nya jadi. klik kanan delete path. jadilah line artnya seperti ini. 

9. langkah selanjutnya ini paling rumit yaitu mulai mewarnai. perlu logika dan pemahaman yang tinggi banget nih. kalian sebelummya harus tahu sistem tumpuk menumpuk layer dan sistem pewarnaan. Kata teman-teman saya sih saya ini jagonya membuat kreasi warna, warna lah yang membuat lukisan menjadi hidup. oke lets go, siapkan otak kiri kalian. buat layer baru untuk warna dasar wajah.


10. Buat seleksi menggunakan pen tool, caranya sama dengan yang diatas tapi bedanya hanya di klik kanan make selection. Wajah akan terseleksi seperti ini.


11. Pilih warna coklat muda pastel pada kolom swatch. kemudian tekan alt+delete. Selection akan terblok warna seperti ini. 



12. Dalam keadaan masih terseleksi, klik layer background (foto). Tekan Ctrl+J untuk mengcopy wajah agar mudah kita tiru alurnya. 


13. Tarik gambar Copy an wajah ke samping gambar. Biar semakin mudah kita menirunya.


14. Buat layer baru untuk effect bayangan wajah. Klik Brush atau tekan B pada keyboard, pilih brush seperti di bawah ini. tekan [ dan ] pada keyboard utnuk mengatuh besarnya brush. Pilihah warna coklat yang lebih tua untuk mulai mewarnai bagian yang gelap. Dan warna muda untuk mewarnai bagian yang terang. Ikuti foto tersebut.



 15. Jika anda telaten dan detail, hasilnya akan seperti ini.


  16. nah itu cara mewarnai wajahnya. sekarang kita membuat bagian yang ada di wajah seperi mata, bibir, dan alis. Ingat, setiap kita akan membuat gambar baru, pastikan kita juga membuatnya di layer yang berbeda. Hal ini akan mempermudah memperbaiki gambar yang rusak. Cara membuat matanya sama dengan cara membuat wajahnya. Tetapi untuk mempermudah, kita off kan dulu layer wajah dengan cara klik gambar mata yang ada di samping layer. Seperti ini.















17. Nah kita tinggal  membuat gambar matanya dengan menjiplak atau mengikuti alurnya. Sama seperti membuat wajah yang tadi, pen tool, make selection, pilih warna putih , alt+delete.













18. Langsung buat bola matanya saja. tetap gunakan layer baru.













19. karena matanya masih tidak real, kita buat effect agar terlihat lebih real. Gunakan Brush seperti yang kita pakai saat ingin membuat effect pada wajah. Buat seperti ini













20. Buat untuk mata sebelahnya juga.













21. Terus kita buat alisnya. Disini saya pake brush yang soft dan pen tool. Untuk merapikannya saya pakai eraser yang sama.














22. Nah tinggal buat bibirrnya. Caranya juga sama, gak perlu saya jelaskan lagi kan. Buat dasarnya dulu.













23. Jangan lupa effectnya.

 24.Kita buat giginya, hehe. karena foto saya itu senyumnya nyengir. Kalau mingkem sih gak perlu. Caranya juga cara lama. Tapi ingat, buat layer gigi di bawah layer bibir yang kita buat tadi.

25. Rapikan susunan giginya. Tiru aja gambar yang di samping.














26. Karna warna kulitnya kurang nyatu dengan bibir, kita perbaikin saja warna kulit wajahnya. klik layer shadow wajah kemudian warnai dengan coklat yang lebih tua pada bagian bawah bibir.













27. Mudah kaaaaan? Kita buat rambutnya lagi ya. caranya seperti yang buat mata. Untuk menjiplaknya, off kan dulu semua layer, mulai dari layer wajah, mata,bibir, gigi, dan alis. Pake pen tool seperti biasanya.













28. Warna hitam atau sesuaikan dengan rambut gambar. Tekan alt+delete













29. Untuk memunculkan kembali wajahnya, klik saja lagi ikon mata yang ada di sebelah layer. Jangan lupa, effectnya lagi.














29. Rapikan rambutnya. Kalau saya sih merapikannya pake liquify. Caranya. Klik menu Filter, terus ada pilihan liquify .











30. Selesai sih sebenarnya, tapi untuk membuat gambar yang full animasi, saya menggabungkan semua layer. Caranya. tekan ctrl berbarengan dengan mengklik semua layer, kemudian klik kanan Merge layers.













31. Setelah itu saya membuka dokumen baru, dan mengimport gambar wajah ke dokumen itu. Edit, edit , edit. tambahin background dan gambar. jadilah seperti ini. Jelek sih tapi lumayan lah buat bagi bagi info buat yang pengen belajar.


















Ingat ya, setiap kali ingin membuat gambar baru hedaknya kalian membuatnya di layer baru juga dan beri nama layer tersebut sesuai dengangambar.
             Setiap kalimewarnai dengan brush, ingat dengan besar kecilnya brush, tekan saja [ dan ] pada keyboard.
             Setiap kali mewarnai, ingat opacity pada brush. Itu untuk , tebal tipisnya warna.


Oke terima kasih, semoga bermanfaat.
Itu hanyalah cara saya saja, sebenarnya masih banyak orang lain yang punya cara menggambar lebih bagus dari saya, maklum saya hanya lulusan SMA yang tidak pernah menempuh pendidikan seni bahkan sampai saya kuliah. Recomend untuk melihat karya yang awesome, lihat saja instagram @pury_yulius dan @HaydenWilliam.

Cerated by Betty Perdana , Alumni Design Poster Nasional FLS2N 2012
Tembalang, Semarang.

1 comment: