Friday, October 12, 2012

Tugas TIK

1. Jelaskan posisi negara kita (Indonesia) dalam hal kejahatan internet didunia!
Internet sudah tak asing lagi bagi masyarakat dunia, internet merupakan suatu kebutuhan bahkan mungkin kebutuhan yang utama bagi setiap orang. Tanpa internet, mungkin seluruh penduduk dunia akan merasa hidup mereka hampa. Ya, internet merupakan kebutuhan utama dengan dasar itulah seluruh operator di Indonesia bahkan di dunia berbondong-bondong memberikan biaya yang sangat murah untuk mengakses internet. Salah satu manfaat internet adalah sebagai komunikasi interaktif. Facebook, ya facebook sangat terkenal dimana-mana orang membuka facebook, update status, wall, coment status, coment photo. Itu semua menjadi suatu perilaku yang sudah menjadi kebiasaan.
Selain itu, internet juga sangat merugikan akhir-akhir ini banyak sekali kasus penculikan, pembunuhan, penipuan, pembobolan atm itu semua dapat dilakukan dengan mudah dengan jalur internet. Ya, akhir-akhir ini kasus kejahatan di internet memang semakin marajalela. Para aparat dan pakar telematika sibuk seminar dan diskusi, sedangkan para hacker dan cracker terus menciptakan inovasi-inovasi terbaru menembus sekat-sekat kehidupan personal. Bagi mereka, prinsipnya adalah kebebasan mutlak; sebuah spirit anarkisme di alam postmodernisme. Sekat personal mengenali individu dengan pembajakan password (kode sandi) adalah tonggak utama lahirnya banyak kejahatan. Sebagaimana pendapat Yasraf A Pilliang (Dunia yang Berlari; 2004), kode atau konvensi hanya bersifat teknis (misalnya kesepakatan ikon, password), tetapi jarang yang bersifat etis atau moral. Tidak ada konsensus mengenai baik/buruk, benar, salah, asli/palsu, berguna/tak berguna. Semua menjadi semacam “nihilisme” (serba-nol). Dalam konteks ini, pada dasarnya Yasraf melihat serba-nol, apa pun tindakan menjadi serbaboleh, serbabenar, serbaguna. Pendeknya, dunia jagat maya adalah ruang yang sarat dengan tanda, citra, dan informasi (plenum), tetapi hampa etika.
Di Indonesia tingkat kejahatan sangat tinggi, menurut Verisign, perusahaan keamanan teknologi informasi dunia, mencatat bahwa Indonesia berada pada peringkat paling atas di dunia dalam hal persentase kejahatan penipuan perbankan di dunia pada tahun 2003. Pada tahun 2001, survei AC Nielsen mencatat bahwa Indonesia berada pada posisi keenam terbesar di dunia atau keempat di Asia dalam tindak kejahatan siber, data ClearCommerce yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat, mencatatkan bahwa pada 2002 Indonesia berada di urutan kedua setelah Ukraina sebagai negara asal carder terbesar di dunia. Dalam hal kuantitas, posisi Indonesia berada di urutan ketiga. Karena dicap sebagai sarang teroris dunia maya, banyak alamat IP (internet protocol) Indonesia yang sempat diblokir. Sehingga, orang Indonesia yang ingin berbelanja lewat internet tidak dipercaya lagi oleh merchant luar negeri.

2. Jelaskan mengapa orang lebih banyak memilih menggunakan koneksi ADSL daripada Dial-up!
ADSL adalah Sistem ini menggunakan sambungan kabel telepon sebagai jaringan penghubung dengan ISP (Internet Service Provider). Akhir2 ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan koneksi ADSL daripada koneksi Dial-up hal ini dikarenakan dial-up memiliki beberapa kekurangan. Seperti rendahnya kecepatan dalam mengakses internet, terlebih di jam-jam tertentu yang merupakan waktu sibuk atau office hour. Selain itu, karena menggunakan sambungan telepon, kita tidak bisa menggunakan telepon bila sedang melakukan koneksi internet. Penggunaan sambungan telepon juga memungkinkan tingginya tingkat gangguan atau noise bila sedang menggunakan internet. Kekurangan lainnya adalah sistem penghitungan dial-up yang masih berdasarkan waktu dan masih dirasakan sangat mahal.
Sedangkan koneksi ADSL , merupakan salah satu dari beberapa jenis DSL, disamping SDSL, GHDSL, IDSL, VDSL, dan HDSL. DSL merupakan teknologi akses internet menggunakan kabel tembaga, sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atau injection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dalam jumlah besar. DSL sendiri dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat yang disebut DSLAM (DSL Acces Multiplexter). Untuk mencapai tingkat kecepatan yang tinggi, DSL menggunakan sinyal frekuensi hingga 1 MHz. Lain halnya untuk ADSL, sinyal frekuensi yang dipakai hanya berkisar antara 20 KHz sampai 1 MHz. Sementara untuk penggunaan ADSL di Indonesia dengan program Telkom Speedy, kecepatan yang ditawarkan berkisar antara 1024 kbps untuk downstream dan 128 kbps untuk upstream. Kecepatan downstream inilah yang menjadikan ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga. Karena pada kalangan rumah tangga umumnya lebih banyak kegiatan menerima, dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mendownload data, gambar, musik, ataupun video. Selain itu, menggunakan koneksi ADSL biaya yang ditanggung lebih murah daripada menggunakan koneksi Dial-up.
3. Jelaskan keterkaitan antara E-comerce dengan E-banking!
E-comerce atau electronic commerce yaitu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. E-comerce tentu sangat berkaitan dengan E-banking, karena jika seseorang membeli barang melalui perdagangan online yang tentu membayar dengan melalui E-banking (suatu sistem yang berhubungan dengan banking). Jika tidak ada fasilitas E-banking tentu E-comerce tidak akan ada dan berjalan, karena tidak akan ada consumen. Adapun E-comerce tidak akan berjalan dengan tidak semstinya tanpa dukungan atau adanya fasilitas E-banking.

No comments:

Post a Comment